05 Jan 2018 yang lalu

Daun pisang kerap digunakan untuk membungkus makanan. Selain itu, daun pisang terkadang digunakan sebagai alas penyajian makanan di warung. Rupanya, berikut ini empat alasan mengapa daun pisang lebih sehat dijadikan sebagai alas makanan, seperti dilansir dari onlymyhealth.com.

1. Bebas zat berbahaya

Sumber: onlymyhealth.com

Biasanya, para penjual makanan menggunakan piring plastik atau styrofoam untuk kebutuhan sekali pakai. Padahal, styrofoam mengandung komponen benzena, zat yang dihasilkan dari bahan bakar minyak dan menyebabkan kanker pada manusia. Karena itu, daun pisang menjadi solusi terbaik dan ramah lingkungan.

2. Rasa lezat

Sumber: onlymyhealth.com

Daun pisang memiliki lapisan lilin yang dapat menambah cita rasa makanan. Lapisan tersebut meleleh di bawah makanan panas, yang kemudian menambah cita rasa makanan. Sehingga makanan dengan alas daun pisang akan terasa lebih lezat.

3. Bebas bahan kimia

Sumber: onlymyhealth.com

Saat mencuci piring, bekas bahan kimia di dalam sabun mungkin masih menempel di piring dan mengontaminasi makanan. Sedangkan jika menggunakan daun pisang, hanya perlu dibilas dengan sedikit air dan tak perlu menggunakan sabun. Sehingga makanan tidak berisiko terkontaminasi bahan kimia.

4. Antioksidan

Sumber: onlymyhealth.com

Daun pisang kaya senyawa polifenol. Polifenol merupakan antioksidan alami yang melawan radikal bebas dan membantu mencegah penyakit. Karena daun pisang tidak bisa dimakan, menikmati makanan di atas daun pisang memungkinkan makanan menyerap polifenol. Selain itu, daun pisang memiliki sifat antibakteri sehingga bisa membunuh kuman pada makanan.

Banner: onlymyhealth.com

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Ayu Wulandari

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?