06 Jan 2018 yang lalu

Organ intim tentu menjadi aset yang sangat dijaga. Namun, apa jadinya kalau organ penting tersebut mengalami kejadian yang tak biasa, misalnya ukuran testis yang besar sebelah. Kondisi itu tentu akan membuat terkejut dan khawatir. Dikutip dari laman healthline.com, berikut ini beberapa penyebab dan risiko kesehatan kondisi testis yang besar sebelah.

1. Epididimitis

531302832

Sumber: demandstudios.com

Kondisi tersebut bisa dipicu pembengkakan epididimis. Biasanya, hal itu sebagai akibat infeksi dan merupakan gejala umum klamidia. Segera temui dokter jika kamu merasakan sakit yang tidak normal atau sensasi terbakar saat buang air kecil.

2. Adanya pertumbuhan pada epididimis

Egg-and-Banana

Sumber: ourbestbites.com

Kondisi yang kamu alami juga bisa disebabkan adanya pertumbuhan epididimis. Hal itu biasanya dipicu kelebihan cairan. Menurut ahli medis, kondisi itu tergolong tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan apa pun.

3. Orchitis

MALE-INFERTILITY

Sumber: mylittlesoldiers.net

Berbeda dengan poin kedua, kondisi yang satu ini perlu mendapat perhatian serius. Sebab, ukuran testis yang terlihat besar sebelah itu bisa saja disebabkan suatu kondisi yang disebut orchitis. Orchitis adalah peradangan testis yang diakibatkan infeksi atau virus yang menyebabkan gondok. Segera temui dokter jika kamu mengalami kondisi tersebut karena orchitis bisa merusak testis.

4. Hidrokel

Men-die-younger-blog-image

Sumber: harvard.edu

Hidrokel adalah penumpukan cairan yang terjadi di sekitar testis. Kondisi tersebut tentu akan memicu pembengkakan pada testis. Kondisi itu normal terjadi ketika seorang pria bertambah tua. Hidrokel tidak memerlukan perawatan, kecuali itu jika memicu peradangan.

5. Varikokel

22cdc71e-3d65-4dad-9721-77f64fcc976e_1501114359

Sumber: sbs.com.au

Varikokel terjadi ketika vena membesar dalam skrotum. Kabar buruknya, kondisi itu bisa membuat pria memiliki jumlah sperma yang rendah. Artinya, itu akan membuat pria kesulitan mendapatkan keturunan.

Banner: flickr.com/enggul

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Dimas Andhika Pramayuga

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?