05 Jan 2018 yang lalu

Normalnya, saat salah satu anggota tubuh membentur sesuatu, pasti akan merasakan sakit atau nyeri. Bahkan, ketika tubuh diserang virus atau penyakit tertentu, kamu pasti akan mengalami nyeri sebagai gejala awal.

Anehnya, sebuah keluarga di Italia justru jarang merasakan nyeri. Tubuh mereka seakan kebal terhadap rasa sakit. Seperti dilansir bbc.com, keluarga tersebut diduga menderita mutasi genetik aneh. Kondisi langka itu, menurut para ilmuwan, sering disebut sindrom Marsili.

Marsili-syndrome-750x561

Sumber: Letizia Marsili/Facebook

Letizia Marsili, 52 tahun, mulai menyadari bahwa dirinya mengalami kondisi yang aneh ketika masih anak-anak. Dia mengaku tidak pernah merasakan sakit atau sensasi tertentu ketika tubuhnya terluka. Menariknya, bukan cuma Letizia yang mengalami hal tersebut.

Usut punya usut, lima anggota keluarganya yang lain juga menderita sindrom serupa. Akibat dari kondisi langka itu, keluarga Marsili pun dijadikan objek penelitian oleh para ilmuwan Italia. Hal itu dilakukan guna mengembangkan cara baru dalam mengobati rasa sakit.

Lice-study

Sumber: liceclinicsoftexas.com

Namun, ternyata sindrom itu juga mendatangkan masalah yang cukup serius bagi keluarga Marsili. Karena keluarga tersebut jarang merasakan sakit atau hanya merasakan nyeri selama beberapa detik, mereka sering tidak mengobati luka atau cedera yang terjadi pada tubuh.

650x350_knee_pain_dos_and_donts_slideshow

Sumber: webmd.com

Hal itu tentu sangat berbahaya karena bisa memicu komplikasi yang lebih serius. Sebagai contoh, Letizia menuturkan putranya, Ludovico, sering mengalami cedera saat bermain bola. Namun, pemuda 24 tahun itu tidak pernah merasakan sakit sehingga selalu melanjutkan permainan. Kemudian, setelah dokter melakukan penyinaran X pada persendian kakinya, dokter menemukan banyak retak kecil di area tersebut.

Kejadian serupa juga kerap dialami Letizia. Suatu hari, dia pernah mematahkan bahu kanannya saat bermain ski. Bukannya berhenti karena kesakitan, dia malah terus bermain sepanjang siang. Dia baru pergi ke rumah sakit keesokan pagi setelah merasakan sensasi geli pada jari-jarinya.

Banner: steemit.com

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Dimas Andhika Pramayuga

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?