05 Jan 2018 yang lalu

Terbangun beberapa kali pada malam hari memang wajar. Namun, hal tersebut dapat membuat tidur kurang nyenyak dan bisa menjadi pertanda penyakit. Menurut Dr. Neil Stanley dari British Sleep Society, berikut ini empat penyebab sering terbangun pada malam hari, seperti dilansir dari onlymyhealth.com.

1. Keringat berlebih

Sumber: onlymyhealth.com

Keringat berlebih akan membuat tubuh sering terbangun pada malam hari. Keringat berlebih biasanya muncul akibat meminum alkohol. Berkeringat juga bisa menjadi efek samping antidepresan. Selain itu, berkeringat bisa jadi akibat rendahnya kadar estrogen pada wanita, yang terjadi pada periode tertentu.

2. Sakit punggung

Sumber: onlymyhealth.com

Jika kasur terlalu keras, berisiko membuat sakit punggung. Jika tubuh menderita radang sendi, tubuh pun akan lebih rentan terbangun pada malam hari. Sebab, bahan kimia peradangan lebih aktif pukul 11.00-23.00. Mengonsumsi obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, sebelum tidur bisa meredakan rasa nyeri.

3. Kaki keram

Sumber: onlymyhealth.com

Terlalu sering berolahraga dan banyak memakan makanan berlemak akan menyebabkan kaki kram. Pemicu kram lainnya adalah arteri perifer yang memasok darah ke kaki terganggu timbunan lemak atau disebabkan kadar gula darah tinggi. Sehingga kram pada kaki bisa membuat Anda terbangun beberapa kali pada malam hari.

4. Batuk

Sumber: onlymyhealth.com

Refluks nokturnal terjadi saat katup yang menutup tenggorokan dari perut tidak bekerja. Efeknya, asam lambung pun mudah terlepas. Sehingga tubuh rentan terhadap refluks saat berbaring. Asam yang bergerak naik melalui dada akan mengganggu tenggorokan dan menyebabkan batuk.

Banner: onlymyhealth.com

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Ayu Wulandari

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?